Mulai dari Perkotaan Masuk ke Pasar Rakyat Thailand

Apakah kalian tipikal orang-orang yang senang menghabiskan liburan di luar negeri ? jika benar, sepertinya Thailand bagus nih untuk bisa kalian datangi sebagai tujuan wisata di tahun mendatang. Memang ada banyak sekali alasan untuk bisa berkunjung ke negeri Gajah Putih ini. Diantaranya adalah dengan kalian bisa menyaksikan sebuah kemegahan atas Istana Raja The Grand Place yang paling termahsyur di Thailand. Selain itu kalian bisa mulai mengarungi Sungai Chao Phraya dengan perahu khasnya negara Thailand, lalu bisa juga menghabiskan waktu berbelanja di sejumlah pasar tradisional yang ada di sana. Untuk biaya hibur selama liburan disana, kalian bisa bayangkan biayanya kurang lebih mirip dengan kalian ketika sedang berlibur di kota Jakarta. Jadinya masih terhitung terjangkau untuk uang Makan – Penginapan maupun Transportasinya ya.. 

Thailand sudah termasuk sebagai kota Malaikat, dan tepat di pertengahan Juni tahun 2009 disana terasa sangat panas sekali layaknya udara di Jakarta. Jalanan benar-benar dipenuhi oleh kendaraan yang berlalu lalang dengan asap pembakaran yang kurang begitu sempurna sehingga mampu menimbulkan polusi udara. Dikutip dari nasional.kompas.com, dimana ada perjalanan dari seseorang bernama Runi Sri Astuti yang sedang melakukan perjalanan di Thailand. Sekiranya akan kami kutip dan rangkum seperti inilah perjalanan dirinya saat sedang berlibur ke Thailand Bangkok.   

Dimulai dari The Grand Palace 

Saat sedang ke Thailand, maka The Grand Palace bisa untuk kalian kunjungi. Tempat ini sudah dibangun sejak tahun 1782 di atas  lahan dengan luas 218.000 meter persegi setelah adanya Raja Rama I Naik Takhta. Kompleks Istana yang tak hanya menjadi tempat atas kediaman dan singgasana Raja saja, namun mpo slot terpercaya lebih berpusat dari sejumlah kegiatan pemerintah ini dikelilingi oleh 4 Tembok Besar sepanjang 1.900 meter layaknya Kompleks Keraton Yogyakarta. Komplek dari The Grand Palace telah memiliki 34 bangunan dengan fungsi dan karakter yang berbeda, termasuk lagi pada lokasi yang paling umum dimuliakan oleh para penganut Buddha di Thailand, yakni dari adanya Temple of Emerald Buddha. Dan disini juga ada Patung Buddha yang telah dibuat langsung dari batu Emerald atau Giok Hijau. 

Lalu ada bangunan lainnya yang menarik perhatian seperti The Borom Phiman Mansion. Dimana ini menjadi salah satu istana raja yang terlihat berbeda dikarenakan, arsitektur tersebut memiliki corak barat dan bukan dengan gaya Tradisional Thailand. Di mana untuk bangunannya memiliki atap yang besar dan juga lancip pada ujungnya seperti Pagoda. Borom Phiman Mansion yang telah dibangun oleh Raja Rama IV menggambarkan langsung adanya bangsa Thailand yang tak luput dari pengaruh budaya barat itu sendiri. 

Di Samping dari Borom Phiman Mansion, maka kalian akan melihat adanya Istana yang disebut dengan The Chakri Maha Prasat. Istana ini telah dibangun oleh Raja Rama V. nah keunikannya sendiri menjadi bagian bawah istana ini bisa dibangun dengan gaya Barat, tetapi bagian atapnya bergaya bangunan Tradisional Thailand. Konon, untuk Chakri Maha Prasat telah menunjukkan bahwa identitas dari bangsa Thailand ini benar-benar tertinggi. Dalam artian lainnya, bangsa Thailand sendiri masih boleh terpengaruh atas budaya Barat, namun identitas diri jangan sampai Hilang. 

Mengarungi Sungai Chao Phraya di Thailand 

Puas sudah bermain di The Grand Palace, maka saatnya menyusuri Sungai Chao Phraya dimana ini adalah sungai terbesar yang telah membela Kota Bangkok menjadi 2 bagian di sebelah Timur dan juga Barat. Kalian mampu menyusuri Sungai ini dengan Perahu Tradisional Thailand yang merupakan pengalaman penuh sensasi. Pemandangan kota juga terhampar di kanan dan kiri atas tepi sungai, termasuk adanya rumah-rumah Panggung yang berdiri di sepanjang bantarannya. 

Jika kalian merasa lapar, maka jangan khawatir. Para pengunjung bisa dengan mudah untuk menikmati makanan di restoran terapung di atas perahu tersebut. Para pengunjung juga bisa dengan mudah untuk membeli beragama makanan layaknya Buah – Sayur yang sengaja di jual di atas perahu kecil-kecil atau kalian bisa menikmati sensasi berbelanja di atas pasar Terapung. Jika sudah puas untuk menikmati pasar terapung, maka Nahkoda akan membawa para pengunjung melihat Ikan patin sebesar paha orang dewasa dengan jumlah yang tersebar di sungai berjumlah ribuan ekor. Namun jangan sampai kalian menangkapnya ya, sebab ikan tersebut dilindungi dan tidak boleh diburu oleh siapapun itu. Para pengunjung hanya diperbolehkan untuk memberi makan ikan tersebut dengan potongan roti saja. 

Sebelum benar-benar kembali ke dermaga, maka Nahkoda perahu biasanya akan mengajak kalian untuk berkunjung ke Ibukota yang lama dari negara Thailand tersebut sebelum benar-benar dipindahkan ke The Grand Palace. Nah Ibukota lama ini terletak langsung di sebelah Barat Sungai Chao Phraya, dan berseberangan dengan The Grand Palace yang berada di Timur Sungai. Dan di tepi Sungai sendiri, Ibukota lama masih saja terukir nama lengkap atas Kota Bangkok dalam huruf Thai. namanya sendiri memang panjang, untuk nama Kota Bangkok sendiri diberikan oleh Raja Rama I, sebab nama aslinya itu adalah

Krung Thep Mahanakhon Bowon Rattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharat Ratchathani Burirom Udom Raychaniwet Mahasathan Amon Phiman Awatan Sathit Sakkathayiya Witsanukan Prasit…. “

Bisa dibayangkan betapa pegel dan susahnya orang Indonesia ketika ingin berkunjung ke Thailand harus menyebutkan nama tersebut ? jadi, terima kasihlah ke Raja Rama I sebab dirinya mempersingkat dengan nama menjadi Bangkok. 

Mulai Berwisata ke Pasar Rakyat Thailand 

Pasar malamnya Thailand yang paling terkenal adalah Pasar Malam Swanluv atau Patpong Night Market. Dimana Wisatawan sudah dimanjakan untuk bisa berburu oleh-oleh di tempat tersebut. Seperti halnya Kaos-Kaos unik dengan bermotif Thailand – lalu Kain Sutra – lalu Tas – ada juga Sepatu – lalu adanya Sandal dan Boneka hingga mencapai Makanan Khas seperti keberagaman manisan buah dan juga Keripik Durian yang legit untuk bisa dinikmati. 

Sesaat setelah lelah berbelanja, disini para pengunjung bisa saja beristirahat sebentar sambil menikmati suasana Malam Thailand dengan duduk di deretan cafe yang berada langsung di seberang pasar malam tersebut. Suasananya sendiri mirip di Kemang daerah Jakarta Kota. untuk para wisatawan yang memiliki waktu untuk berkunjung hingga akhir pekan di Thailand, maka kalian jangan lupa untuk menyempatkan diri ke Pasar Chatuchak, yakni Weekend Open Market. Pasar Tradisional terbesar serta terlengkap di Thailand ini sudah dibangun dengan luas tanahnya mencapai 10.000 meter persegi. 

Dan dari tempat inilah, para pedagang di seluruh pelosok negeri berkumpul menjadi satu, dan mulai menjajakan dagangannya tersebut ke para wisatawan yang datang ke sana. Tak hanya diisi dengan pakaian dan souvenir, para pengunjung mampu membeli Furniture – lalu produk hasil seni pahat dan juga patung – bisa membeli tanaman hias sampai dengan berbagai macam binatang peliharaan. Di seberang pasar Chatuchak, kalian akan menemukan Pasar Otako. 

  • Pasar Otako sendiri menjadi pasar Tradisional khusus menjual Buah dan Sayuran terbesar di Bangkok. Di pasar ini, segala macam buah dan juga produk pertanian serta berbagai macam makanan khas thailand  juga di jajakan di sana. 
  • Walau Pasar Otako  dan juga Chatuchak ini menjadi pasar Tradisional, kalian akan tercengang sebab di sana akan jauh dari kata Becek dan Kumuh. Justru sebaliknya, semua barang dagangan tertata rapi di atas lantai yang kering.

Nah jika kalian membeli oleh-oleh di Bangkok kurang banyak, maka kalian masih bisa mendatangi sejumlah tempat menarik yang mampu menawarkan buah tangan bagi para wisatawan mancanegara. Dan diantara pusat atas peternakan lebah madu yang mampu menawarkan Produk-Produk lebah seperti halnya Madu – lalu Royal Jelly dan juga Sari Bunga. 

Namun yang membuat unik disini adalah Madu di Thailand dihasilkannya justru dari lebah melalui Sari Bunga Opium. Perkebunan dari Opium sudah terbentang sangat amat subuh pada wilayah pegunungan Utara. Seperti halnya madu di Indonesia, lalu madu sari Bunga Opium dengan memiliki keberagaman khasiat bagi kesehatan tubuh siapapun yang meminumnya.